Minggu, 10 Maret 2013

Materi Akidah Akhlak Kelas VIII



MUKJIJAT DAN KEJADIAN LUAR BIASA

A.                PENGERTIAN MUKJIJAT DAN KEJADIAN LUAR BIASA LAINNYA 

1.    Pengertian mukjizat
Kata mukjizat adalah bentuk jama dari kata mukjiz artinya sesuatu yang melemahkan. Menurut istilah  Mukjizat adalah suatu kejadian yang luar biasa yang diberikan Allah SWT. kepada para rasul-Nya yang dapat melemahkan segala usaha dan alasan orang kafir. Umumnya mukjizat berupa kejadian luar biasa yang diberikan kepada para nabi sebagai sesuatu yang melemahkan argument-argumen para penentang mereka. Mukjizat para rasul tidak bisa dilakukan dan dipelajari oleh manusia, sebab mukjizat fungsinya justru untuk menunjukkan kelemahan manusia. Fungsi-fungsi mukjizat adalah sebagai berikut:
a.  Untuk melemahkan dan mengalahkan segala usaha orang-orang yang menentang seruan para rasul Allah, baik yang dilakukan secara terang-terangan maupun dengan cara sembunyi-sembunyi.
b.     Sebagai bukti kebenaran bahwa para rasul itu benar-benar dipilih oleh Allah SWT.
Mukjizat terbagi menjadi dua bagian yaitu :
1)    Mukjizat Kauniyah adalah mukjizat yang diberikan oleh Allah kepada para rasul-Nya dalam bentuk yan tampak, dan dapatditangkap oleh panca indra. Misalnya jari tangan Rasulullah dapat memancarkan air yang jernih dan dapat diminum.
2)    Mukjizat Akliyah adalah mukjizat yang hanya dapat dipahami oleh akal budi manusia, misalnya Al-Qur’an. Keistimewahannya keindahan gaya bahasanya tidak dapat seorang pun yang dapat menandinginya.
Contoh-contoh mukjizat para rasul adalah sebagai berikut :
a.     Mukjizat Nabi Ibrahim
salah satu mukjizat nabi Ibrahim adalah tidak hangus dibakar dalam kobaran apiyang sangat besar. Mukjizat ini untuk melemahkan kezaliman dan kedurjanaan Raja Namrud.  Firman allah SWT.:
قُلْنَا يَا نَارُ كُونِي بَرْدًا وَسَلَامًا عَلَىٰ إِبْرَاهِيمَ [٢١:٦٩]
Artinya: “Kami berfirman: "Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim", (QS. Al-Anbiya : 69)
b.     Mukjizat Nabi Musa as.
Mukjizat Nabi Musa adalah tongkatnya dapat berubah menjadi ular  raksasa dan dapat mengalahkan ular-ular buatan tukan sihir. Juga tongkatnya dapat membelah laut sehingga membentuk sebuah jalan atau jembatan, yang dapat menyelamatkan Nabi Musa dan pengikutnya dari kejaran Fir’aun.
Hal itu ditegaskan oleh Allah SWT dalam firmannya :
قَالَ أَلْقِهَا يَا مُوسَىٰ   فَأَلْقَاهَا فَإِذَا هِيَ حَيَّةٌ تَسْعَىٰ  قَالَ خُذْهَا وَلَا تَخَفْ ۖ سَنُعِيدُهَا سِيرَتَهَا الْأُولَىٰ
Artinya: “Allah berfirman: "Lemparkanlah ia, Hai Musa!"Lalu dilemparkannyalah tongkat itu, Maka tiba-tiba ia menjadi seekor ular yang merayap dengan cepat. Allah berfirman: "Peganglah ia dan jangan takut, Kami akan mengembalikannya kepada keadaannya semula,(QS. Thaha : 19 – 21)
c.      Mukjizat Nabi Nuh
Mukjizat Nabi Nuh adalah membuat perahu yang dapat menyelamatkan dirinya dan pengikutnya bersama binatang dari berbagai jenis dari banjir yang sangat besar yang dapat menenggelamkan kaumnya yang tidak beriman.
Firman Allah SWT.
وَاصْنَعِ الْفُلْكَ بِأَعْيُنِنَا وَوَحْيِنَا وَلَا تُخَاطِبْنِي فِي الَّذِينَ ظَلَمُوا ۚ إِنَّهُم مُّغْرَقُونَ
Artinya : “Dan buatlah bahtera itu dengan pengawasan dan petunjuk wahyu Kami, dan janganlah kamu bicarakan dengan aku tentang orang-orang yang zalim itu; Sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan.” (QS. Huud : 37)
d.        Mukjizat Nabi Isa a.s
Mukjizat Nabi Isa as. Adalah sebagai berikut :
1.           Menyembuhkan orang buta samapai dapat melihat kembali
2.           Menghidupkan orang yang sudah mati
3.           Mengetahui apa yang disimpan atau dimakan orang lain dirumahnya
4.           Membuat burung dari tanah, lalu burung itu bisa hidup dan terbang
5.           Menyembuhnkan penyakit kusta.
Mukjizat nabi Isa ini dijelaskan oleh Allah dengan firman-Nya :
وَرَسُولًا إِلَىٰ بَنِي إِسْرَائِيلَ أَنِّي قَدْ جِئْتُكُم بِآيَةٍ مِّن رَّبِّكُمْ ۖ أَنِّي أَخْلُقُ لَكُم مِّنَ الطِّينِ كَهَيْئَةِ الطَّيْرِ فَأَنفُخُ فِيهِ فَيَكُونُ طَيْرًا بِإِذْنِ اللَّهِ ۖ وَأُبْرِئُ الْأَكْمَهَ وَالْأَبْرَصَ وَأُحْيِي الْمَوْتَىٰ بِإِذْنِ اللَّهِ ۖ وَأُنَبِّئُكُم بِمَا تَأْكُلُونَ وَمَا تَدَّخِرُونَ فِي بُيُوتِكُمْ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لَّكُمْ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ 
Artinya: ”Dan (sebagai) Rasul kepada Bani Israil (yang berkata kepada mereka): "Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan membawa sesuatu tanda (mukjizat) dari Tuhanmu, Yaitu aku membuat untuk kamu dari tanah berbentuk burung; kemudian aku meniupnya, Maka ia menjadi seekor burung dengan seizin Allah; dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahirnya dan orang yang berpenyakit sopak; dan aku menghidupkan orang mati dengan seizin Allah; dan aku kabarkan kepadamu apa yang kamu Makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu adalah suatu tanda (kebenaran kerasulanku) bagimu, jika kamu sungguh-sungguh beriman.” (QS. Ali Imran : 49)
e.     Mukjizat Nabi Muhammad SAW.
Adapun mukjizat Nabi Muhammad adalah sebagai berikut:
1.     Celah-celah jari mengeluarkan air yang jernih dan dapat diminum
2.     Melakukan perjalanan isra dan mi’raj
3.     Al-Qur’an Al Karim.
Firman Allah SWT:
إِنَّ هَٰذَا الْقُرْآنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا كَبِيرًاوَأَنَّ الَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ بِالْآخِرَةِ أَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابًا أَلِيمًا 
Artinya: “Sesungguhnya al-Qur'ân memberikan petunjuk kepada manusia menuju jalan yang paling lurus dan selamat untuk mencapai kebahagiaan yang hakiki di dunia. Al-Qur'ân juga memberikan kabar gembira bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-Nya, yang tunduk kepada kebenaran dan melakukan perbuatan yang saleh berupa pahala yang besar pada hari kiamat. Sesungguhnya bagi orang-orang yang tidak beriman kepada hari akhirat, Kami sediakan neraka jahanam yang mengandung siksaan yang pedih”. (Q.S. Al-Israa : 9-10)

2.   Pengertian Karamah
Karamah adalah kejadian luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT. kepada seorang hamba-Nya yang saleh dan taat beribadah kepada-Nya. Siapa saja dapat menerima karomah dari Allah SWT. sepanjang perbuatannya selalu menunjukkan ketaatan kepada-Nya. Biasanya yang selalu mendapat karomah adalah Wali (kekasih) Allah SWT.

3.   Pengertian Ma’unah
Maunah menurut bahasa berarti  pertolongan.secara Istilah  Ma’nah adalaha   kejadian  yang luar biasa yang diberikan Allah SWT. kepada seorang mukmin untuk dapat mengatasi suatu kesulitan dan untuk menunjukkan kebesaran Allah SWT.

4.   Pengertian Irhas.
Irhas menurut bahasa adalah sumber kebaikan, bisa juga berarti melemahkan atau mencela. Irhas secara istilah adalah kejadian luar biasa yang diberikan Allah kepada para calon Nabi dan Rasul. Contoh :
a.   Allah menyelamatkan bayi Nabi Musa yang dibuang oleh ibunya karena takut dibunuh oleh Firaun di sungai Nil kemudian ditemukan oleh istiri Firaun yang sedang mandi di sungai Nil.
b.   Muhammad kecil pada usia 4 tahun dadanya dibelah dadanya oleh dua malaikat untuk dibersihkan hatinya dari dosa-dosa.

B.                 HIKMAH ADANYA  MUKJIJAT DAN KEJADIAN LUAR BIASA LAINNYA (KARAMAH, MA’UNAH  DAN IRHAS)

Hikmah adanya mukjizat, karomah, ma’unah dan irhas diantaranya sebagai berikut :
1.        Semakin menguatkan bukti-bkti kenabian
2.        Menambah keimanan dalam hati orang-orang mukmin
3.        Membuktikan bahwa para nabi dan orang-orang pilihan hanya manusia biasa, hanya sedangkan kekuatan hanya milik Allah SWT. semata.
4.        Dapat keluar dari segala macam bentuk kesukaran dan kesulitan hidup yang sedang dihadapi.
5.        Menambah kepercayaan diri bahwa pekerjaan dan perjuangan yang sedang dilakukan ternyata benar-benar mendapat perhatian dari Allah SWT.
Persamaan  mukjizat, karomah, ma’unah dan irhas diantaranya sebagai berikut :
1.        Terjadi atas kehendak Allah semata-mata
2.        Merupakan kejadian yang luar biasa yang tidak masuk akal
3.        Tidak dapat dipelajari dan direncanakan, bahkan tidak dapat terjadi berulang-ulang pada manusia.
4.        Diberikan untuk menghadapi masalah yang sedang dihadapi atau untuk memenuhi permintaan mereka
Perbedaan mukjizat, karomah, ma’unah dan irhas diantaranya sebagai berikut :
1.        Mukjizat diberikan hanya kepada para nabi dan rasul sedangakan karomah, ma’unah dan irhas diberikan kepada manusia biasa.
2.        Fungsi mukjizat adalah untuk melemahkan hujjah musuh dan membenarkan kenabian sedangkan fungsi karomah, ma’unah dan irhas  adalah untuk mengatasi kesulitan dan permasalahan atau untuk memenuhi doa orang yang memintanya.

SOAL-SOAL LATIHAN
I.     Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling benar !
1.     Kejadian luar biasa yang hanya diterima oleh para rasul disebut …..
a.     irhas        b. mukjizat               c. karaman               d. ma’unah
2.     Irhas ialah kejadian istimewa yang diberikan Allah kepada …..
a.     wali          b. nabi                       c. calon Nabi                        d. rasul
3.     Kejadian luar biasa yang diberikan Allah kepada hamba-Nya yang saleh, disebut ….
a.     sihir         b. karamah               c. ma’unah               d. irhas
4.     Orang yang dikehendaki Allah SWT. selamat dari kesulitan atau musibah, disebut …
a.     mukjizat             b.  karamah              c. irhas           d. ma’unah
5.     Dapat menyembuhkan orang yang buta, adalah mukjizat dari …
a.     Nabi Musa                                 c. Nabi Isa
b.     Nabi Muhammad                    d. nabi Ibrahim
6.     Dapat mengubah tongkat menjadi ular raksasa adalah mukjizat Nabi …
a.     Musa                   b. Isa              c. Ibrahim                 d. Nuh
7.     Salah satu mukjizat Nabi Ibrahim adalah …
a.     membuat burung dari tanah           c.  tidak hangus dibakar
b.     membuat perahu                                d.  memancarkan air dari jemarinya
8.     Diantara mukjizat Nabi Nuh adalah …..
a.     Memecahkan bulan dan matahari             c. Tidak hangus dibakar
b.     Membuat benteng raksasa               d. Membuat perahu
9.         Nabi Nuh berdakwah selama ….
a.     100 tahun         b. 40 tahun              c. 1000 tahun          d. 200 tahun
10.                      Nabi yang memperoleh mukjizat Isra Mi’raj adalah Nabi …
a.     Musa                   b. Nuh                       c. Isa               d. Nabi Muhammad
   
II.     URAIAN
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar!
1.     Jelaskan apa pengertian mukjizat !
2.     Jelaskan apa pengertian karamah !
3.     Jelaskan apa pengertian ma’unah !
4.     Apa saja mukjizat Nabi Isa as. ? jelaskan !
5.     Apa persamaan dan perbedan antara mukjizat dan karamah ? jelaskan !
Selengkapnya, dapat di download di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar