Sabtu, 09 Maret 2013


AKHLAK TERPUJI DALAM PERGAULAN REMAJA




A.           Pengertian dan Pentingnya akhlak Terpuji Dalam pergaulan Remaja
Ketidak hati-hatian dalam memilih teman akan menibulkan akibat yang tidak baik. Sabda Rosululoh saw.,Bahwa seseorang akan mengikuti perilaku sahabat karibnya. Oleh karena itu, hendaknya seseorang memperhatikan orang yang harus di pergaulinya. Salah memilih pergaulan berarti kita siap menyiksa dan membinasakan diri. Sebaliknya,bila bergaul dengan orang-orang ta’at, shaleh, beraklaak mulia, dan jernih hatinya, maka kita akan memiliki sikap serupa.
Secara tegas, allah swt melarang hambanya berteman dengan setan seperti dalam firman-Nya dalam surat An Nisaa’ Ayat 38:
وَمَن يَكُنِ الشَّيْطَانُ لَهُ قَرِينًا فَسَاءَ قَرِينًا [٤:٣٨]
Artinya: “ barang siapa yang mengambil setan itu menjadi temannya, maka setan itu adalah teman yang  seburuk-buruknya.” (QS. An Nisaa’/4:38)
Seseorang bisa tergelincir bergaul/berteman dengan setan dalam arti sesungguhnya.mksudnya setan bisa juga dalm wujud lain, yakni bergaul dengan mereka yang memperturutkan hawanafsunya, gemar berut maksiat, dan hanya sibuk dengan urusan dunia semata.
Sangat berbeda dengan orang yang bergaul dengan mereka yang dekat dengan allah. Pergulan semacam ini akan senantiasa di warnai “ tawashau bil haqi wa tawashau bishshabr “ mereka selalu berupaya Saling tolong serta berharap teman-temanya menjadi baik.
Golongan yang paling rawan dalam masalah pergaulan adalah para remaja. Karena remaja memilki karakteristik yang unik. Dimana pada masa tersebut terjadi perubahan fisik dan timbulnya gejolak menuju kedewasaan.
Menurut para ahli rentang umur masa remaja adalah 12-19tahun, dimana pada usia tersebut laki-laki dan perempuan mulai menampakan perubahan fisik pada tubuhnya. Jika laki-laki, di tandai dengan “mimpi basah”. Sedangkan perempuan ditandai dengan datangnya haid/menstuasi. Seiriing dengan keadaan itu, secara fisik akan tampak perubahan yang menonjol. Misalnya, rambut kemaluan mulai tumbuh, suara laki-laki yang mulai membesar, tumbuhnya buah dada pada perempuan dsb.
Perubahan yang terjadi merupakan masa peralihan dari dunia kanak-kanak menuju kedewasaan. Pada masa peralihan seperti ini peran orang tua dan lingkungan akan sangat mempengaruhi arah hidup mereka selanjutnya.jika orangtua gagal menjadi teman diskusi yang menarik bagi mereka dan lingkungan tidak mendukung dengan hal-hal yang positif,maka dipastikan mereka akan kehilangan arah dalam pencarian jati diri. Sehingga mereka terjerumus ke dalam hal-hal yang negatif. Oleh karena itu agama menjadi satu kunci yang paling penting dalam mengarahkan pergaulan remaja.
Adapun karakteristik yang di miliki remaja, adalah sebagai berikut:
1.    Selalu merasa ingin tahu bagaimana kehidupan dunia luar
2.    cenderung  merasa cepat bosan dan ingin mencoba sesuatu yang baru
3.    mulai ada rasa ketertarikan terhadap lawan jenis
4.    sibuk dengan pencarian jati diri
5.    sipat egois dan suka membantah ( keras kepala ) yang terliat jelas.

B.           Bentuk dan Contoh-Contoh Prilaku Akhlak Terpuji Dalam Pergaulan Remaja
Sesungguhnya islam mengajarkan bagaimana adab-adab dalam pergaulan para remaja agar tidaak terjerumus dalam perbuatan negatif yang akan merugikan diri sendiri. Adab-adab pergulan dalam islam di mulai dari batasan aurat, adab memandang lawan jenis, hal-hal yang di larang berkaitan dalam pergaulandengan lawan jenis dan perilaku dalaam pergaulan yang islami.
1.    Batasan Aurat
Aurat adalah bagian tubuh tertentu yang apabila terlihat oleh orang lain akan menimbulkan rasa malu bagi yang bersangkuta. Rasa malu tersebut dapat menimbulkan rasa terhina atau di rendahkan jika orang berbuat kurang baik. Oleh karena itu, allah SWT mewajibkan kita untuk menutupinya agar derajat kita sebagai manusia tidak sama dengan hewan.
Batasan-batasan aurat antara laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan sebagai berikut:
a.    Aurat laki-laki
Bagi laki-laki, batasan auratnya adalah antara lutut sampai perut.
b.    Aurat perempuan
Bagian perempuan, batasan auratnya adalah seluruh tubuh kecuali muka dan telapapak tangan.
2.    Adab Memandang Lawan jenis
Pandangan mata yang liar (jelalatan) ibarat anak panah setan yang dapat mebuat seseorang terjerumus ke dalam perbuatan maksiat. Berawal dari pandangan mata, setan menancapkan anak panahnya ke dalam hati manusia agar terlena dan menimbulkan hawa nafsu untuk berbuat yang di haramkan agama. Oleh karena itu, allah SWT memerintahkan kepada kita agar berhati-hati dalam menjaga pandangan mata terhadap lawan jenis.                                                                                                               
Allah SWt berfirman dalam surat An Nuur ayat 31:
وَقُل لِّلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا ۖ وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ ۖ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الْإِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَىٰ عَوْرَاتِ النِّسَاءِ ۖ وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِن زِينَتِهِنَّ ۚ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ [٢٤:٣١]
Artinya :
“katakanlah kepada wanita yang beriman:’ hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-llaki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai….orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (QS. An Nuur/24:31)

Biasanya dimulai dari pandangan mata akan timbul rasa ketertarikan terhadap lawan jenis. Bila dalam hati telah timbul rasa tertarik, maka akan tumbuh rasa suka, cinta dan akhirnya membuat hati mabuk kepayang.

Ada beberapa hal yang membolehkan kita memandang terhadap lawan jenis saat berbicara. Kondisi tersebut adalah:
1.   ketika proses belajar mengajar, yaitu antara guru dan murid.
2.   dalam bidang pengobatan, yaitu antara dokter dan pasiennya.
3.   ketika dalam persidangan dan meminta kesaksian, misalnya di pengadilan.
4.   ketika melamar untuk tujuan menikah, misalnya pemuda yang datang melamar seorang gadis untuk menikahinya.

3.            hal-hal yang di larang berkaitan dalam pergaulan dengan lawan jenis
Adapun hal-hal yang dilarang berkaitan dalam pergaulan dengan lawan jenis, adalah:
a.         Berkhalwat
Yaitu berdua duaan dengan lawan jenis yang bukan mahram di tempat sepi.Rasululoh saw bersabda:”Tiada bersepi-sepi (berada di tempat sunyi) seorang laki-laki dengan seorang perempuan, melainkan setan merupakan orang ketiga di antara mereka.”(HR.Ahmad-Tirmidzi)
b.    Ikhtilat
Yaitu berklumpulnya laki-laki dan perempuan dalam suatu tempat secara bercampur baur sehingga  memungkinkan untuk saling memandang, bersentuhan dan sebagainya.
c.    Bagi wanita dilarang berbicara dengan laki-laki dengan suara yang mendayu-dayu
Allah SWT berfirman dalam surat Al Ahzab ayat 32:
يَا نِسَاءَ النَّبِيِّ لَسْتُنَّ كَأَحَدٍ مِّنَ النِّسَاءِ ۚ إِنِ اتَّقَيْتُنَّ فَلَا تَخْضَعْنَ بِالْقَوْلِ فَيَطْمَعَ الَّذِي فِي قَلْبِهِ مَرَضٌ وَقُلْنَ قَوْلًا مَّعْرُوفًا [٣٣:٣٢]
Artinya:
Hai istri-istri nabi, kamu sekalian tidak seperti wanita yang lain, jika kamu bertaqwa. Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara sehingga berke inginanlah orang yang ada penyyakit dalam hatinya, dan ucapkanlah perkataan yang baik, ghadul bashar (menundukan pandangan). “(QS. Al Ahzab/33:32).
d.    Bagi wanita di larang memakai wangi-wangian yang baunya menusuk hidung sehingga dapat tercium orang yang lewat
e.    Di larang mandi bersama meskipun antar sesama jenis
f.     Laki-laki di larang berpakaian menyerupai wanita dan wanita di larang berpakaian menyerupai laki-laki
Rosululoh saw bersabda yang artinya: “ Allah melaknat di antara wanita yang menyerupai laki-laki dan di antara laki-laki yang menyerupai wanita.” (HR. Ath Thabrani)

4.            Perilaku Dalam Pergaulan
yang termasuk perilaku pergaulan yang islami adalah:
a.    menjaga etika-etika kesopanan dalam bergaul
b.    meninggalkan hal-hal yang di larang dalam pergaulan dengan lawan jenis.
c.    Banyak bergaul dengan orang-orang saleh
d.    Tidak menilai orang dari penampilan fisik dalam bergaul  
e.    Menghindari prilaku maksiat
f.     Menjaga norma-norma agama dan social
g.    Selalu menjaga aurat dan tidak mengumbar syahwat
h.    Tidak mengumbar nafsu
i.      Selalu mendekatkan diri kepad Allah
Allah SWT berfirman dalam surat Al hujurat ayat 13: yang artinya: “hai manusia, sesungguhnya kami menciftakan kamu berbangsa-bangasa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya allah allah mengetahui lagi maha mengetahui. “(QS.Al hujurat/49:13)
j.      tidak mudah terpengaruh  dengan hal-hal yang negatif.

C.           Akibat Pergaulan Remaja yang Tidak Sesuai Dengan Akhlak Islam Dalam fenomena Kehidupan
Islam merupakan agama yang menjunjung tinggi kebebasan manusia. Yaitu kebebasan hidup, beramal, mencintai dan di cintai, bekerja bahkan kebebasan berpendapat. Namun, kebebasan yang di ajarkan islam bukanlah kebebasan tanpa balas. Melainkan kebebasan yang bertanggung jawab, yaitu suatu kebebasan yang di pertimbangkan secara matang dan di aturguna keselamatan dan kemuliaan manusia. Suatu  kebebasan yang di landasi pertimbangan-pertimbangan yang rasional. Ada pertimbangan kehidupan akhirat setelah dunia. Ada pertimbangan mati setelah hidup dan ada pertimbangan pahala dan dosa.
Sehubungan dengan pergaulan remaja pada masa sekarang, kebebasan yang ada sudah melampaui batas. Kebebasan yang ada sudah tidak memperhatikan lagi pergaulannya, apalagi memperhatikan norma-norma agama maupun norma kehidupan dalam mayarakat. Tayangan televisi misalnya, berebut menayangkan tarian-tarian yang erotis dan menayangkannya pada waktu-waktu yang tidak terbatas.
Demikian pula dengan  media massa tertentu yang selalu mengekspose pornografi dan kejahatan seksual. Ironisnya, pada saat bersamaan jutaan anak-anak menonton dan membacanya. Menayangkan pornografi jelas sudah merupakan ke bebasan yang melampaui batas, kebebasan yang merusak norma kehidupan dan ajaran agama.
Menerapkan batasan-batasan dalam pergaulan yang di atur dalam islam merupakan satu-satunya solusi menanggulangi semakin maraknya kejahatan seksual. Bagaimana tidak, jika di kampus, kantor, pertokoan, bus, kereta api, lebih-lebih di tempat hiburan dengan mudah di jumpai sepasang remaja yang belum terikat tali pernikahan asik berduaan. Tanpa malu dan rikuh, mereka bergandenga tangan bahkan berpelukan mesra. Terkadang kita menjadi jengah melihatnya. Begitulah gaya remaja berpacaran. Salah satu budaya sekaligus gaya hidup kaum muda indonesia. Dengan alasan penjajakan sebelum menikah, berbagai carapun di lakukan. Akibatnya, tidak sedikit para remaja putri yang hamil sebelum nikah. Semua ini akibat dari pergaulan bebas tanpa mengindahkan norma-norma agama dan masyarakat.
Begitu banyak akibat yang harus di tanggung ketika mengabaikan norma kesusilaan dan melanggar batasan-batasan pergaulan dalam islam. Yang paling banyak dan jelas terlihat adalah terjadinya kehamilan di luar nikah. Dampak kejadian hamil di luar nikah membawa urusan yang panjang. Bila si perempuan malu karena kehamilannya, ia bisa saja melakukan aborsi. Jika dengan aborsi, janin tidak bisa di gugurkan, maka bukan tidak mungkin bayi mungil yang lahir akan segera di bunuh oleh ibu kandungnya sendiri. Benar-benar perbuatan di luar batas kemanusiaan. Tetapi, jika sang bayi lahir selamat dan di besarkan ibunya, secara hukum islam, ia tidak berhak menyandang nasab ayahnya, tetapi bernasab ibunya.
Bayangkan, betapa malangnya nasib anak manusia yang seharusnya lahir dalam keadaan fitrah dan di sambut dengan kegembiraan, justru harus menanggung beban sepanjang hidupnya karena perbuatan orangtuanya yang hanya memperturutkan hawa nafsu setan.
Jika akibat di dunia demikian pahit dan pedih, tak bisa di bayangkan bagaimana azab allah yang di timpakan di akhirat. Begitu banyak ayat-ayat dalam al qur’an yang mencela betapa kejinya perbuatan zina dan betapa mengerikan hukuman di akhirat kelak.
Akibatlain dari pergaulan yang salah adalah jika kita keliru memilih teman. Apalagi jika kita telah terjebak dalam lingkaran setan, istilah yang di gunakan ketika seseorang telah terjerumus ke dalam pemakaian narkoba.
Oleh karena itu, wahai para remaja, berhati-hatilah terhadap lingkungan pergaulan. Jika saat ini kita telah berada dalam lingkungan pergaulan yang sangat kotor dan buruk, segera kita tingglkan. Mari kita hindari orang-orang lalai yang dapat membawa kejurang kehinaan. Mari kita ingatkan mereka untuk menuju  ke kebenaran. Ingat, barang siapa bergaul dengan pandai besi, niscaya akan ikut bau bakaran, bahkan bukan tidak mungkin akan ikut terbakar. Akan tetapi, barang siapa bergaul dengan penjual minyak wangi, maka tidak bias tidak, ia akan terpapar bau harum.

D.           Menerapkan Akhlak Terpuji Pergaulan Remaja Dalam Kehidupan Sehari-hari
Adapun penerapan akhlak terpuji pergaulan remaja dalam ke hidupan sehari-hari di antaranya sebagai berikut:
a.   Berteman dengan orang-orang saleh
b.   Menjalankan perintah allah
c.   Selalu berusaha menanamkan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari
d.   Menerapkan batasan-batasan dalam pergaulan
e.   Menanamkan budipekerti luhur
f.    Selalu menghormati orangtua dan guru
g.   Selalu belajar dengan baik


SOAL-SOAL LATIHAN

I.              PILIHAN GANDA
Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling benar!
1.    Masa remaja ialah masa antara ….
a.    Kanak-kanak dan dewasa
b.    Kanak-kanak dan orang tua
c.    Kanak-kanak dan wanita
d.    Laki-laki dan wanita
2.    Remaja dalam ilmu fikih disebut …
a.    Mukalaf                                   c. murafiq
b.    Munafiq                                   d. murahiq
3.    Masa remaja bagi pria ditandai antara lain …
a.    Buah dada menonjol   c. bulu kaki
b.    Mimpi basah                           d. kuku tangan panjang
4.    Masa remaja bagi wanita ditandai dengan …
a.    Datangnya menstruasi            c. betisnya membesar
b.    Tumbuhnya bulu kumis          d. tangannya mulus
5.    Nilai negatif akibat pergaulan remaja yang tidak sesuai akhlak Islami adalah ..
a.    Cenderung kerja keras           c. cenderung berani
b.    Cenderung egois                     d. cenderung penakut
6.    Berikut ini adalah nilai negatif pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islami, kecuali …
a.    Tidak mau tidur                       c. tidak bertanggung jawab
b.    Suka berfoya-foya                  d. sukar mandi
7.    Islam tidak melarang remaja bergaul dengan siapa pun, asalkan …
a.    Tidak melanggar norma agama
b.    Sesuai keinginannya
c.    Disetujui temannya
d.    Mendapat restu pacarnya
8.    Berikut ini adalah contoh remaja yang memiliki akhlak terpuji, kecuali …
a.    Ashabul Kahfi                          c. Ali Bin Abu Talib
b.    Hamzah bin Abdul Muthalib    d. Abu Lahab
9.    Alllah menciptakan manusia bersuku-suku dan berbangsa-bangsa, agar …
a.    Saling bermusuhan                             c. saling memberi
b.    saling mengenal                                  d. saling berpacaran
10.  Remaja muslim harus bergaul sesuai dengan …
a.    Ajaran Islam                                        c. kehendak kekasih
b.    Kehendak ayah                                   d. kehendak diri sendiri
II.            URAIAN
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan singkat dan benar !
1.    Sebutkan pengertian remaja !
2.    Sebutkan dalil yang memerintahkan bergaul bagi remaja!
3.    Jelaskan beberapa bentuk perilaku ahklak terpuji dalam pergaulan remaja!
4.    Jelaskan beberapa akibat negatif dari pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam!
5.    Bagaimana cara bergaul secara Islami?

Download di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar