Senin, 07 Mei 2012

Mikir atuh....


Manusia merupakan makhluk Allah yang mempunyai kelebihan di bandingkan dengan makhluk lainnya. Di antara kelebihan tersebut adalah di berikannya manusia akal, dengan akal tersebut mansuia dapat mencapai kemuliaan. Untuk meningkatkan daya akal dan kecerdasan manusia membutuhkan pendidikan. Pendidikan adalah sarana penting untuk mewujudkan mansuia yang cerdas, terampil dan mempunyai  ahlak yang mulia.

Pendidikan tidak akan lepas dengan proses pembelajaran. Pembelajaran merupakan sarana ampuh dalam rangka menumbuhkan manusia pembelajar. Dengan demikian belajar merupakan langkah awal dan penting bagi manusia untuk mengasah otak dan pikirannya. Di sisi lain belajar merupakan aktifitas dalam pendidikan, yang akatiftas tersebut merupakan sebuah proses untuk mengetahui, memahami dan akhirnya menerapkan berbagai informasi yang diterima selama proses pembelajaran.

Manusia belajar, mengingat, dan berpikir, mereka juga merencanakan, memecahkan permasalahan dan menggunaan bahasa. Kebanyakan keistimewaan yang menarik dari tingkah laku manusia adalah bahwa kita belajar untuk mengubah tingkah laku kita ketika berhadapan dengan situasi baru. Kepentingan yang sama adalah kita telah belajar untuk memperluas dalam situasi baru, pada dasarnya sebelum belajar dan pengembangan konsep dan strategi meniru peristiwa yang akan terjadi dan yang akan datang. Ini fleksibel.

Sering terjadi prestasi belajar seseorang menurun atau kurang maksimal yang disebabkan oleh menurunnya fungsi otak terutama memori. Memori adalah bagian yang terpenting di dalam belajar karena dengan memori inilah manusia dapat menerina informasi, menyimpannya dan mereproduksinya. Dalam dunia pendidikan hal ini sangat penting bagi keberhasilan belajar yang ditunjukkan melalui prestasi belajarnya.

Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan jalan mengoptimalkan fungsi memori dalam proses pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar